Selasa, 28 Mei 2013

Beginner Guitarist: Menjadi Gitaris Professional

Di kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa tips penting para pemain gitar dalam memainkan sebuah lagu. Saya membuat artikel ini karena saya telah melihat beberapa teman saya yang salah berpendapat mengenai nada, lagu dan chord gitar. baik mereka yang bisa bermain gitar maupun tidak. selain itu saya juga akan memberi solusi agar tidak terjadi kesalahpahan tentang nada, lagu dan chord agar menjadi seorang gitaris yang lebih baik lagi ^^ oke langsung aja ke TKP ya sob.


Tips terpenting para pemain gitar? yang saya coba bahas disini adalah ketika memainkan lagu dengan gitar, semua pemain gitar pasti dimulai dari tahap yang paling awal yaitu kunci-kunci dasar dan rutin melakukan senam jari (Fingering) begitu juga dengan saya ^^ lalu tahap selanjutnya kita akan mencoba beberapa lagu yang mudah dan kita sukai benar kan? nah disini yang akan diperhatikan. Untuk masih tahap pemula masih wajar dan dimaklum jika dia memainkan lagu yang dia sukai dengan melihat chord (kunci) gitar di buku panduan ataupun di internet, karena mereka pun masih terus belajar. Namun bagaimana dengan kalian yang sudah bisa dibilang jago dalam mencontoh lagu dengan mencari chord di buku panduan atau di internet? apakah akan terus menjadi pemula atau masih ingin belajar agar jago di tahap "pemula"? hehe maaf sob saya bukan menyidir tapi itu tergantung keadaan sobat apakah belum atau sudah siap menuju ketahap lebih tinggi ^^ Jika sobat serius dan ingin menjadi lebih lebih hebat dalam bermain gitar sobat harus tau kalau "mencontek" chord gitar dari buku panduan atau internet itu sesuatu yang kurang baik untuk menjadi pro. karena saya berpendapat bahwa ditinggkat pro kita di tuntut untuk IMPROVISASI chord, nada, dan lagu. tapi INGAT saya tidak mengajarkan agar tidak mencontek dari buku ataupun internet karena itu adalah bekal kita agar dapat menuju tahap IMPROVISASI. Nah yang saya maksud adalah ketika kita lihat bahwa di sebuah lagu yang cukup sulit dimulai dengan kinci C bukan berarti kita harus di tuntut untuk sama persis dengan kunci C pada buku panduan ataupun internet, kita bisa mengimprovisasikan kunci C yang berbeda dengan nada yang berbeda dan jenis lagu yang berbeda sob ^^ contohnya seperti jenis lagu pop kita ubah kunci C dengan kunci C  gantung (balok) dengan nada dan tempo reggae sob ^^ keren kan. Itu lah IMPROVISASI yang membuat kita lebih kreatif dalam bermain gitar. Tapi INGAT sekali lagi kalau saya bukan nya melarang untuk melihat buku panduan atau internet, justru itu penting untuk menjadi bekal IMPROVISASI kita ^^ lalu pertanyaan nya apakah kita sudah siap untuk menuju tingkat pro? balik lagi kedalam diri kita masing-masing sob ^^

Lalu bagaimana ketika kita dalam tahap pro dan ingin dikenal banyak orang dan ingin menunjukan bahwa kemampuan kita itu sudah layak untuk di perlihatkan? pertama yaitu dengan rendah hati sob :') kita jangan meremehkan orang lain karena kita sudah merasa jago, tapi kita harus saling berbagi walaupun dengan seorang yang baru belajar bermain gitar, karena setiap gitaris harus merasa senang dan bangga jika orang lain ingin belajar gitar dengan sobat ^^ apalagi itu adalah teman-teman sobat ^^ saya selalu teringat kutipan dari teman dekat saya yaitu "Hal Terbaik Dalam Belajar Adalah Mengajarkan" jadi sobat bisa ambil kesimpulan dari kutipan kata itu ^^ dan yang kedua yaitu sobat harus berani menunjukan keahlian sobat dalam bermain gitar, maupun itu di lingkungan tempat tinggal, sekolah ataupun di tempat umum. Contoh nya jika ada tes menyanyi di sekolah, coba lah menggunakan gitar dan bernyanyi lagu andalan sobat dan ataupun teman kalian meminta sobat mengiringi nya dalam sebuah event, jangan menolak nya karena dari situ sobat bisa menunjukan kalau sobat ingin menjadi yang terbaik ^^

jadi kesimpulan dari artikel yang saya buat ini, untuk menjadi pemain gitar hebat bukan hanya membeli gitar dan aksesorisnya saja lalu memainkan nya dengan jago, tapi masih banyak teori-teori dan sikap-sikap yang harus diterapkan untuk menjadi gitaris hebat ^^
sekian dulu tips dari saya sob ^^ semoga bermanfaat ya. silahkan tinggalkan komentar ^^

Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Beginner Guitarist: Menjadi Gitaris Professional
Ditulis Oleh Jordan Setiawan
Terimakasih telah membaca artikel Beginner Guitarist: Menjadi Gitaris Professional Semoga dapat membantu. tolong jelajahi lagi blog ini untuk mendapatkan tips musik dan berita musik lainnya

9 komentar:

  1. Pembaca setia, !!! saya pemula banget nihh sob, tolong bantuannya!!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti sob. saya bantu ^^ tenang aja :)

      Hapus
  2. beruntung sekali bagi mereka yang dianugerahi skill gitar, atau alat musik lainnya. nice artikelnya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bersyukur sob :) tapi sobat juga pasti bisa kalau mau belajar dan terus berusaha :) semangat :-bd

      Hapus
  3. Makin lama nambah keren ajja ini blog.
    jangan lupa kunjungi blog saya!
    http://willyseptyanto.blogspot.com
    teng kyu..

    BalasHapus
  4. wah, artikelnya sangat bermanfaat ne...lanjutkan bro.
    kunjungi blog ane jga ya
    http://slashkygitaris.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya sob.
      oke pasti saya kunjungi ^^

      Hapus
  5. Salam kenal semua...
    Bagi yg ingin mempelajari berbagai tehnik gitar secara lengkap dan mengunduh ebook pelajaran gitar untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia, silahkan di www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus
Catatan : Di mohon untuk tidak berkomentar dengan menaruh link aktif di kolom komentar.