Minggu, 12 Januari 2014

Tentang Musik: Urutan Nada Pada Fret Gitar

Tentang Musik: Urutan Nada Pada Fret Gitar
John Petrucci
Teori Musik merupakan dasar untuk bermain gitar dengan cara yang sama tata bahasa dasar merupakan dasar untuk menulis pidato . Mungkin kalian tidak terlalu memetingkan Teori Musik dalam bermain gitar, karna cuman hobi dan tidak ingin lebih. Namun saya pikir kalian harus memikirkan hal itu 2 kali, karena pasti dalam hati kecil kalian ingin menjadi gitaris yang pro. Betulkan??

Ok langsung ke topik, Skala pada gitar terdiri dari 12 nada. Jarak antara setiap nada disebut setengah nada (Half Step). setiap fret gitar berjalan secara Chromatic bernilai setengah nada . ketika kalian telah melewati 12 fret gitar maka nadanya akan berulang pada fret ke 13, 14 dst namun perbedaannya adalah naik satu oktaf. Ingat: pada gitar berstandart tuning ya. Ambilah gitar kalian dan cobalah.

Latihan : Coba petik senar 1 tanpa menekan pada fret (open string) senar 1 itu bernada E, lalu petik lagi senar 1 pada fret ke 12. Suaranya sama bukan? namun berbeda 1 oktaf.

Jika kalian tidak dapat mendengar kesamaan antara dua nada tersebut, satu atau dua hal bisa terjadi.
  1. Telinga kalian membutuhkan beberapa waktu untuk mempelajari suara pada satu oktaf terdengar seperti ( itu akan datang pada waktunya ) . 
  2. Gitar anda fals . Cobalah untuk mulai men-stemnya secara manual atau pun menggunakan tuner. Namun saya sarankan untuk menggunakan software D'Accord-Guitar-Chord-Dictionary-3.0 untuk tuning gitar. Karena gratis dan juga praktis hehe :D

Sekarang, pertama-tama dan terutama kalian perlu tahu seperti apa suara nada-nada pada gitar. (lihat gambar) namun sebelumnya kalian harus membaca bagian Chord Dasar dan juga Bagian-Bagian pada Gitar agar lebih paham.

Diagram Nada - jordanvengeance.com
Diagram Nada
Urutan Senar: 
Senar 1 (Bawah) > bernada E (tinggi)
Senar 2               > bernada B
Senar 3               > bernada G
Senar 4               > bernada D
Senar 5               > bernada A
Senar 6 (Atas)    > bernada E (rendah)

Latihan : Jika kalian menekan senar 1 pada fret 1 maka akan bernilai nada F, kenapa? ingat acuannya senar 1 adalah E (Open String) maka jika kita tekan senar 1 pada fret 1 nada berubah menjadi F lalu F#  G  G#  A  A#  B  C  C#  D  D# dan kembali pada E ketika kita menekan fret ke-12. 

Maka Urutan nada pada senar 1 adalah

E (open) F  F#  G  G#  A  A#  B  C  C#  D  D#

Semua nada memiliki tanda # atau Kres (Sharp dalam inggris) kecuali E ke F dan B ke C karena E ke F dan B ke C berjarak setengah nada (half step) sedangkan yang lain seperti C ke D berjarak 1 nada (whole step), dan setengah nada pada C adalah C ke C# (half step)

Coba sekarang giliran kalian tentukan urutan nada pada senar ke-2 menggunakan acuan nada B (open) lalu ke C jika menekan senar 2 pada fret 1, selanjutnya ke C# dan seterusnya.

Dengan menegenal nada dan urutan nada pada gitar maka akan mempermudah kita mengetahui feeling kita pada gitar dan nada, tentunya akan tahu mana gitar fals ataupun gitar betul hehe..

Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Tentang Musik: Urutan Nada Pada Fret Gitar
Ditulis Oleh Jordan Setiawan
Terimakasih telah membaca artikel Tentang Musik: Urutan Nada Pada Fret Gitar Semoga dapat membantu. tolong jelajahi lagi blog ini untuk mendapatkan tips musik dan berita musik lainnya

1 komentar:

Catatan : Di mohon untuk tidak berkomentar dengan menaruh link aktif di kolom komentar.